Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar

Kita semua yang memiliki hp android pasti pernah ngegame baik itu disaat waktu luang atau bahkan nonstop 24 jam. Pada saat asyik ngegame apakah kamu pernah mendapatkan masalah seperti lag, patah patah, black screen, force close, ataupun masalah lainnya? Pasti sangat mengesalkan bukan apalagi game yang kita mainkan itu berbasis online seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, serta game online lainnya yang mempunyai hukuman seperti AFK, Skor kredit berkurang, dan sebagainya. Disini Mobs Gaming akan berbagi solusi kepada kamu untuk Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar tanpa hambatan.

5 Cara Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar

5 Cara Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar

Maen PUBG Mobile lagi siap-siap team war ehhh hp malah ngefreze, maen ML lagi asik-asiknya push turret tiba tiba disconnect. Itu merupakan pengalaman klasik yang sering dialami oleh gamers mobile, tapi kalian jangan khawatir lagi karena disini mimin agar berbagi tips ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di game baik itu online ataupun offline. Langsung saja simak lima cara optimisasi android biar ngegame lancar dibawah ini.

1. Non-Aktifkan Battery Saver (Penghemat Baterai)


Salah satu hal yang paling simpel namun sangat sering dilupakan oleh kalangan gamers mobile adalah menonaktifkan fitur battery saver atau penghemat baterai. Memang dengan mengaktifkan fitur ini kita dapat membuat baterai menjadi tahan lebih lama untuk aktivitas gaming, eittsss tapi ada efek negatifnya juga loh yang sangat mempengaruhi dengan kita mengaktifkan battery saver maka performa dari hp android kita akan dikurangi secara drastis, speed dari processor akan dikurangkan untuk menghemat baterai kita. Jadi untuk menghindari lag atau patah patah parah ditengah permainan maka lebaik baik kamu matikan saja fitur penghemat baterai ini.

2. Tutup Program Latar Belakang


Program yang berjalan di latar belakang juga sangat mempengaruhi performa gaming pada android kita, semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang maka akan semakin lemot performa hp android kamu. Untuk itu sebelum bermain game ada baiknya kamu hapus atau hentikan semua program yang berjalan di latar belakang (background process).

3. Kosongkan Memori Penyimpanan


Semakin sering kita membuka dan bermain game yang kita suka maka akan semakin besar pula data yang tersimpan oleh game tersebut. Silahkan kamu kosongkan ruang penyimpanan memori internal kamu agar menjadi lebih lega. Memori Internal yang besar dan kosong akan membuat proses gaming menjadi lebih lancar, karena apabila ditengah permainan kamu mendapati notifikasi memori telepon penuh biasanya game yang dimainkan akan mengalami force close sebab dia tidak mendapatkan cukup ruang untuk menyimpan data.

4. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai


Semakin banyak aplikasi ter-install di hp kamu maka akan semakin banyak pula program yang akan berjalan di background atau latar belakang serta mempercepat penuhnya kapasitas memori internal telepon kamu. Jika kamu jarang memakai aplikasi yang ada di hp kamu maka lebih baik di uninstall saja agar aplikasi tersebut tidak berjalan otomatis di latar belakang pada saat booting terutama aplikasi social yang berat seperti facebook, instagram, line, dsb.

5. Custom ROM dan Custom Kernel


Cara terakhir dan yang paling ampuh agar performa android kamu menjadi lebih cepat, kebut, serta lebih smooth yaitu dengan menginstall custom rom dan custom kernel. Untuk dapat memasang custom rom, hp kamu harus terlebih dahulu sudah di root. Custom ROM yang paling ringan dan cocok untuk gaming saat ini adalah Pixel dari google dan ROM LineageOS, kamu bisa mencari rom dan kernel yang sesuai dengan hp android kamu melalui forum XDA-Developers.

Saran dari admin sebelum bermain game yang diinginkan ada baiknya untuk melihat dulu minimum requirements atau spek minimal dari game yang akan dimainkan. Jika hp kamu tidak kuat lebih baik jangan dipaksakan karena bisa-bisa HP kamu terkena overheat dan merusak hardware system dari hp itu sendiri.

Sekian artikel singkat dari Mobs Gaming seputar 5 Cara Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar, jika kamu memiliki saran lainnya jangan lupa untuk tambahkan di bawah ini melalui kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu, sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "5 Cara Mengoptimalkan Performa HP Android Agar Gaming Lancar"

Berlangganan via Email