Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Camera2 API Melalui build.prop

Dengan mengaktifkan Camera2 API kamu dapat menginstall serta memakai aplikasi Custom Camera yang mempunyai Fitur HDR+ contohnya saja seperti Google Camera, tidak hanya Fitur HDR+ yang hanya bisa kamu nikmati, masih banyak juga fitur lainnya yang bisa kamu dapatkan dari enable Camera2 API ini seperti :

  • Night Sight
  • Photo Image Stabilization
  • Accurate Exposure
  • Accurate Colour Rendition
  • Manual Shutter Speed
  • Manual ISO
  • Manual Focus
  • Manual White Balance
  • RAW Support
  • Gambar dari hasil jepretan menjadi lebih detail tanpa noise (buram atau bintik), warna lebih tajam, lebih terang dan fitur lainnya.

Lalu bagaimana Cara untuk Mengaktifkan / Enable Camera2 API secara manual? Pertama-tama pastikan device Android kalian telah di root, karena disini kita akan memakai sebuah aplikasi yang bernama root explorer untuk mengakses serta mengedit file buildprop

Sedangkan Cara Mengaktfikan Camera2 API Tanpa Root membutuhkan file camera 2 api.zip dan dapat di install melalui TWRP atau custom recovery lainnya. Jadi silahkan untuk root android kalian terlebih dahulu, Untuk tutorial lebih lengkapnya disini mimin telah membuatkan step by step Cara Mengaktifkan Camera2 API Melalui build.prop


Cara Mengaktifkan Camera2 API :


  1. Pertama silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasi Root Explorer melalui Playstore
  2. Jika sudah di download silahkan install Aplikasi Root Explorer
  3. Untuk dapat mengaktifkan Camera2 API silahkan kalian buka aplikasi Root Explorer dan pilih pada directory /System seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Mengaktifkan Camera2 API Melalui build.prop
  4. Selanjutnya buka dan edit file "build.prop" dan tambahkan text kode berikut ini
    "persist.camera.HAL3.enabled=1" selanjutnya silahkan save atau simpan.
  5. Setelah itu silahkan reboot device Android kalian.

Nah sampai disini Camera2 API kalian sudah menjadi Enable alias aktif, dan kamu sudah dapat menikmati fitur 360 Google Camera, HDR+ ataupun menggunakan aplikasi kamera kustom lainnya. Cara ini work dan dapat digunakan pada semua device android seperti Xiaomi / Redmi / Mi, Samsung, Asus, Oppo, Vivo, Advan, Realme, dan lainnya yang telah di root.

Untuk dapat mengecek apakah Camera2 API kalian telah aktif, kamu bisa menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test yang bisa kamu download serta install secara gratis melalui Playstore. Klik pada tombol Start di dalam aplikasi tersebut, kamu akan diberikan beberapa informasi bermanfaat termasuk tentang Camera2 API pada android kamu. Jika berhasil maka akan centang hijau semua.

Untuk cara lainnya mengaktifkan camera2 api secara mudah tanpa bootloop pada semua OS MIUI 9, MIUI 10, dan sebagainya yaitu dapat melalui install file "enable camera2 api.zip" yang dapat kalian cari melalui google sesuai tipe hp, dan dapat di install melalui Magisk Module atau melalui Custom Recovery seperti TWRP, CWM, OrangeFox Recovery, ataupun custom recovery lainnya.

Sekian artikel singkat mengenai Cara Mengaktifkan Camera2 API / Cara Enable Camera2 API melalui edit file buildpop, jika kamu memiliki saran serta tanggapan janganlah sungkan untuk menambahkannya melalui kolom komentar dibawah ini, dan jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi serta subscribe website Mobs Gaming ini agar kamu tidak ketinggalan dan selalu mendapatkan informasi beserta tips & trik terbaru seputar Android.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Camera2 API Melalui build.prop"

Berlangganan via Email