Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi HP Lag Saat di Cas

Performa smartphone yang menurun atau sering di sebut lag, patah-patah dan lemot di semua hp android merupakan masalah yang sangat menyebalkan, terlebih lagi di saat sedang gaming sambil cas hp lalu tiba-tiba mengalami FPS drop tentunya hal tersebut akan membuat kesal.

Banyak hal yang menyebabkan smartphone menjadi lag di saat proses charging salah satunya yaitu hardware cpu dan gpu yang sudah berumur tua yang menyebabkan performa menjadi turun, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Pada kesempatan kali ini Mobs Gaming akan membahas Cara Mengatasi HP Lag Saat Charging ataupun Gaming. Disini admin akan berbagi tutorial mudah untuk memperbaiki performa android yang menurun ataupun FPS drop saat bermain game berat (HD) ataupun saat charging. Cara ini dapat di gunakan di semua tipe smartphone seperti Xiaomi Redmi, Realme, Vivo, Oppo, Asus, Samsung, dan lainnya.

Cara Mengatasi HP Lag Saat di Cas / Charging

Cara Mengatasi HP Lag Saat Cas dan Gaming

Bagaimana cara mengatasi HP ataupun smartphone yang lag dan patah-patah saat di cas? Langsung saja simak tutorial dibawah ini untuk cara ampuh mengatasi semua tipe smartphone yang stutter saat gaming maupun charging.

1. Tutup Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang


Background Apps Process atau Aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan smartphone android lag. Aplikasi yang tidak di tutup akan membuat penggunaan RAM dan CPU HP menjadi penuh yang tentunya berimbas terhadap performa android.

Jadi sebelum kamu melakukan aktivitas gaming ataupun multitasking sambil ngecas, harap terlebih dahulu untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, apalagi kalau aplikasi yang di background dan tidak di tutup itu berat seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya. Semakin banyak aplikasi yang ada di latar belakang atau tidak di close secara manual maka akan semakin banyak pula RAM yang perlu di gunakan dan membuat kinerja android menjadi lemot karena sesak alias kepenuhan ruang.

2. Matikan Mode Hemat Daya


Battery Saver Mode atau Mode Hemat Daya memanglah penting untuk membuat baterai menjadi irit dan lebih hemat, namun perlu kamu ketahui dengan mengaktifkan mode hemat daya performa android atau lebih tepatnya CPU pada smartphone akan otomatis di Underclock atau di turunkan performa nya untuk menghemat penggunaan baterai agar lebih lama.

Jika kamu menggunakan Smartphone untuk gaming maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mematikan atau menonaktifkan battery saver mode tersebut, sama halnya disaat kamu ngecas (charging). Dengan mematikan mode hemat baterai performa android kamu akan bekerja secara maksimal.

3. Buang Widget Tidak Penting


Dengan adanya Widget memang tampilan android kita menjadi lebih menawan, enak dilihat dan keren, tetapi widget yang berlebihan juga akan mempengaruhi terhadap performa android karena semakin banyak widget yang di pakai maka akan semakin banyak pula RAM Usage atau penggunaan RAM yang di perlukan oleh smartphone.

Jadi jika kamu memakai HP untuk ngegame sambil di cas maka ada baiknya untuk menghapus widget yang tidak diperlukan seperti ramalan cuaca, traffic jalan, atau lainnya. Semakin banyak widget yang ada juga akan membuat baterai smartphone menjadi lebih boros.

4. Matikan Live Wallpaper


Live Wallpaper atau wallpaper animasi memang terlihat keren, tapi tahukah kamu bahwa pada kenyataannya dengan memakai live wallpaper akan membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros dan juga membuat penurunan performa terutama HP yang memiliki RAM kecil hanya 1/2 GB.

Jadi jika kamu menggunakan wallpaper bergerak ataupun tema animasi ada baiknya untuk tidak menggunakannya agar dapat menyisakan ruang lebih pada RAM yang kamu miliki.

5. Gunakan Custom ROM dan Custom Kernel


Cara terakhir dan merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi hp lag saat di cas (charge) atau hp yang lag saat gaming yaitu dengan menggunakan Custom ROM dan Custom Kernel. Karena menurut pengalaman admin ROM bawaan dari android menyita lebih banyak penyimpanan Internal dan penggunaan RAM. Kamu dapat menggunakan Custom ROM yang di khususkan untuk Gaming seperti Pixel Experience atau LineageOS, 2 ROM tersebut memiliki performa yang paling baik jika digunakan untuk ngegame atau multitasking.

Custom Kernel juga sangat penting apabila kamu masih merasakan lag jika sudah memakai Custom ROM. Karena dengan memakai Custom Kernel yang tepat secara otomatis android akan di tweak, biasanya juga terdapat Kernel yang sudah di overclock CPU dan membuat performa android meningkat secara drastis. Untuk mencari Custom ROM dan Custom Kernel Terbaik sesuai tipe smartphone yang kamu miliki silahkan melihatnya melalui Forum XDA.

Nah itu dia Tutorial Cara Mengatasi Semua Tipe HP Android yang Lag atau Patah-Patah saat di cas maupun gaming. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs ini agar kamu selalu mendapatkan tips dan trik bermanfaat lainnya seputar android.

Post a Comment for "Cara Mengatasi HP Lag Saat di Cas"

Berlangganan via Email